Coach Business, Coach Alex Ferguson, Coach Pep Guardiola & Bisnis Anda

Coach business, thumb tidak banyak bedanya dengan coach olah raga. Coach business harus tau apa yang dia lakukan dan latih.  Sebagai pelatih top, Alex Ferguson dan Pep Guardiola memiliki banyak kesamaan yaitu dalam memotivasi pemain. Keduanya adalah motivator yang bagus. Semua pelatih tahu sesuatu tentang sepak bola. Beberapa tahu banyak hal, beberapa cuma sedikit. Namun, ini semua tentang bagaimana memotivasi pemain dan mengetahui bagaimana mengeluarkan apa yang Anda inginkan dari mereka.

Jika Anda membandingkan mereka (Fergie dan Pep) satu sama lain, mereka memiliki banyak hal yang sama. Ternyata, mereka mempunyai latar belakang pemain sebelum menjadi pelatih dan ini merupakan salah satu kunci sukses mereka dalam melatih timnya. Tanpa, pernah merasakan menjadi pemain, sulit rasanya untuk menyelami pola pikir seorang pemain bola, dan ini yang membuat pelatih lainnya tidak sehandal mereka.

Begitu juga dalam memilih seorang coach business untuk menangani bisnis anda, sangatlah penting mencari tahu latar belakangnya terlebih dahulu. Jika seorang business coach tidak pernah mimiliki jam terbang dalam berbisnis sebelumnya, tidak perduli betapa hebat dan “canggih” teori yang diketahuinya, sulit akan menjadi seorang business coach sebaik seorang business coach yang pernah menjalankan bisnis sebelumnya. Saya sendiri yang sudah memulai usaha belasan tahun yang lalu, jauh hari sebelum saya menjadi mentor bisnis sehingga paham betul apa yang dialami pebisnis di indonesia. Ketika di awal karir saya dalam membangun bisnis resto, tidak ada konsultan/coach yang mengerti permasalahan saya.

Beberapa dari coach business atau konsultan bisnis yang mencoba menawarkan jasa konsultasi ke saya, cenderung mengandalkan pertanyaan-pertanyaan baku dalam menggali permasalahan bisnis saya. Saya pun merasakan sesi-sesi konsultasi yang saya lalui, hanya teori belaka.  Akhirnya,  menyebabkan pemecahan masalah menjadi lama dan tidak kunjung selesai. Akibatnya, memakan banyak sekali biaya-biaya konsultasi.

Mengapa Anda perlu seorang business coach yang pernah berbisnis?

Pemecahan masalah bisnis di indonesia tidaklah semudah permasalahan bisnis di luar negeri karena iklim bisnis di indonesia lebih dinamis dan tingkat perubahan yang terjadi sangatlah cepat. Sehingga ‘teori’ atau ‘systems’ yang jalan di negara lain belum tentu effektif di Indonesia. Contohnya, Franchise No 1 dunia, Subway tidak jalan di Indonesia, sedangkan di negara-negara lain peminatnya sangatlah banyak.

Perlu dipahami bahwa untuk meningkatkan kinerja bisnis diperlukan lebih dari sekedar ‘motivasi bisnis’ dan perubahan pola pikir. Walaupun, tidak dipungkiri perubahan pola pikir itu adalah permulaann yang baik tetapi itu tidaklah cukup. Untuk sukses dalam berbisnis kita harus memiliki strategy yang tepat dan integritas sebagai pebisnis. Di dalam dunia bisnis reputasi itu jauh lebih penting dari pada ‘keuntungan jangka pendek’ sehingga, pebisnis indonesia sangat memerlukan ‘role model’ dalam mengembangkan bisnis mereka ke ‘next level’ bahkan go ‘global’.

Attribute apa lagi yang dibutuhkan oleh seorang coach business supaya bisa membantu pebisnis untuk sukses di millenium yang baru ini?-  Insting seorang pebisnis, pandangan dan solusi yang jelas untuk Anda bisa menyelesaikan masalah-masalah di dalam Perusahaan Anda. Instinct seorang pengusaha tidak bisa dipelajari tetapi harus dialami sendiri dan dari sana lahir ‘Entreprenurial Wisdom’ dan philosophy bisnis yang kuat. Semua ini saya formulasikan di ‘Ben Abadi Business Warrior Academy’ yang sudah diikuti banyak pengusaha dan mendapatkan hasil yang luar biasa.

Menyewa  seorang coach business , mentor bisnis, konsultan usaha, sebaiknya tidak dilakukan dengan terburu-buru. Anda sebagai pemakai jasa seharusnya wajib untuk menanyakan latar belakang si business coach ini. Anda tidak ingin membayar mahal untuk hanya mendengarkan teori-teori belaka atau diberi pertanyaan-pertanyaan yang anda sendiri tidak mengetahui jawabannya, bukan?  Lebih celaka lagi, Anda akan mendapatkan teori-teori yang dia ucapkan tanpa pernah menjalankannya sendiri, karena hanya membaca dari panduan yang dipelajarinya sewaktu dalam pendidikan menjadi business coach. Yang anda butuhkan adalah arahan yang pasti tentang kelangsungan bisnis anda di masa mendatang.

Jika Anda ingin jadi juara di bisnis Anda, pastikan coach business Anda seorang yang benar-benar mempunyai jam terbang dalam melakukan bisnis dan bukan hanya jam terbang dalam segi ‘melatih’. Ini yang membuat Alex Fergusosan, Pep Guardiola dan Ben Abadi mempunyai banyak persamaan dari segi latar belakang mereka yang mendukung mereka untuk sukses dalam membantu klien-klien mereka.

Email ke clientcare@benabadi.com untuk mengetahui lebih lanjut tentang ‘Business Warrior Academy’ atau hub ke (021) 45874088-89.