Kiat Jitu Rekrut Karyawan Jaman Now!

Apakah anda sudah merasa karyawan yang ada rekrut sudah bagus? Apakah iklan yang ada pasang dalam mencari karyawan sudah tepat dan jitu?

Saat ini banyak alternatif cara merekrut calon karyawan contoh dari memasang iklan lowongan yang menarik. Ditengah krisis tenaga kerja saat ini perusahaan harus mencari jalan untuk mendapatkan calon pegawai / karyawan yang berkualitas.

Merekrut karyawan memang tidak bisa sembarangan, karena harus disesuaikan dengan kebutuhan dan profesionalitas. Banyak perusahaan yang tidak focus dalam merekrut karyawan , contohnya dalam menitikberatkan apa sebenarnya keahilan mereka  dan apakah keahlian mereka benar-benar bisa terpakai dalam perusahaan anda.

Dalam merekrut juga kadang anda akan mendapatkan berbagai macam kendala seperti saat ini dimana banyak pelamar seperti kaum milenial yang meminta gaji besar tetapi tidak memiliki loyalitas tinggi terhadap perusahaan, memiliki pola kerja sendiri yang seenak enaknya dan tidak mengikuti peraturan perusahaan, ingin kerja sedikit tetapi waktu kerja santainya banyak. Meskipun demikian ada sisi positive yang terdapat dalam kaum milenial seperti wawasan luas, update terhadap perkembangan teknologi dan mudah bersosialisasi dengan sekitar .

 

Berikut adalah 5 kendala besar dalam rekrutmen millenial :

  1. Tidak ada orang yang rekrut

Banyak perusahaan yang tidak memiliki karyawan untuk divisi rekrutment, kasus yag sering terjadi para direktur atau owner yang langsung turun tangan untuk merekrut para millenial.

  1. Tidak memahami perekrutan

Kurangnya pemahaman Karyawan bagian rekrutment sehingga dalam merekrut mereka cenderung sembrono dan tidak memakai SOP rekrut karyawan. Hal ini juga merupakan kendala dalam merekrut para millenial.

  1. Rekrut ketika sudah perlu

Perusahaan cenderung akan merekrut karyawan atau para millenial ketika merasa butuh atau urgent saja. Karena situasi yang urgent mereka merekrut tanpa memikirkan standart kualifikasi para millenial.

  1. Perusahaan tidak kekinian

Semakin berkembangnya jaman maka situasi terus berubah. Apakah perusahaan Anda termasuk perusahaan yang terus up to date terhadap situasi. Perusahaan yang tidak segera merubah sistem mereka atau tetap memakai sistem lama yang tidak sesuai jaman maka Ia akan tertinggal. Dan para generasi millenial tidak akan bekerja di perusahaan yang ketinggalan jaman atau tida kekinian.

  1. Tidak kompetitif

Tidak adanya kompetisi atau tidak bersifat bersifat kompetitif dalam melakukan rekrutmen maka Anda tidak akan mendapatkan karyawan millenial yang bagus.

——————

Melihat penjelasan di atas Rapid Profit memiliki beberapa  kiat kiat jitu rekrut karyawan yang sudah teruji dan di praktekan di berbagai perusahaan dan berbagai industri :

  1. Mulai dengan Kebutuhan Perusahaan Anda

Sebelum anda mencari kandidat karyawan baiknya anda perlu tau karyawan seperti apa yang anda butuhkan untuk ada diperusahaan anda. Pastikan dengan spesifik juga pekerjaan apa yang akan anda berikan kepada calon kandidat karena jika anda tidak memberi tahu hal tersebut secara spesifik karyawan yang anda rekrut bisa jadi nantinya tidak seperti yang anda harapkan.

  1. Bangun kultur perusahaan yang menarik bagi kaum milenial

Bagaimanapun setiap perusahaan memiliki standar kualifikasi dalam merekrut karyawan.

Bukan hanya mengenai latar belakang pendidikan tetapi juga dari harus dari segi pengalaman, karena pengalaman yang di miliki oleh calon rekrutmen berguna untuk pertimbangan pekerjaan seperti apa yang pantas untuk diberikan. Apalagi disaat sekarang ini, banyak kaum milenial yang ingin bekerja di perusahaan yang tergolong bonafit atau bisa dibilang high class.

  1. Rekomendasi

Cara jitu berikut ini adalah cara yang efektif dalam mendapatkan calon kandidat karyawan yang berkualitas. Biasanya untuk rekomendasi kita bisa meminta rekomendasi kepada tim untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kualifikasi anda.

  1. Buat iklan yang menarik dan atrataktif

Untuk cara ini anda dapat membuat iklan lowongan yang komunikatif untuk calon karyawan serta jelaskan juga secara sekilas tentang perusahaan anda dan kualifikasi yang anda harapkan.

  1. Sosmed

Banyak saat ini perusahaan yang sudah menggunakan sosmed untuk merekrut karyawan, dan biasanya juga orang saat ini banyak orang yang sudah menggunakan sosmed untuk mencari pekerajaan.

  1. Tahapan Tes / Rapid Profit Psikotes

Rapid Profit Coaching mempunyai tahapan psikotes yang sudah sering di pakai oleh beberapa perusahaan.

Pada tahapan ini anda harus bisa membuka karakter dan kemampuan calon kandidat.

Contoh seperti yang anda butuhkan orang desain grafis , saat tahapan inilah anda bisa memberikan tes yang berkaitan dengan desain grafis supaya anda bisa lihat sampai mana kemampuan pelamar tentang desain grafis, dan banyak dari perusahaan-perusahaan yang sudah memakai tahapan yang Rapid Profit miliki.

  1. Rapid Profit System Interview.

Saat tahapan terakhir inilah dimana kita bisa mengetahui dan menggali seperti apa calon karyawan yang akan di rekrut.

Pastikan pada saaat sesi terakhir ini anda benar benar menggali dimana keahlian orang tersebut dan bidang apa yang di minati oleh pelamar tersebut. Saat inilah kita juga dapat mengetahui karakter si pelamar dan sifatnya.

Penting saat ini untuk mengambil tindakan jitu dalam merekrut karyawan, agar perusahaan yang anda pimpin mendaptkan karyawan yang berkualitas dan berkompeten.

Rekrut tidaklah mudah anda harus tau kiat-kiat praktis agar dapat merekrut milenial untuk  bekerja diperusahaan anda. Untuk itu anda perlu belajar dari sumber-sumber yang tepat dan terpercaya.