Kiat Pemasaran – Tips Praktis Melakukan Gerilya Marketing

Kiat pemasaran selalu membuat pengusaha bingung dan frustrasi karena  sering kiat pemasaran yang dilakukan cenderung menghamburkan banyak uang dan tingkat keberhasilannya pun rendah, advice terlebih di tengah pasar yang jenuh dan kompetisi yang ketat. Begitu banyak biaya promosi dan marketing yang sudah dikeluarkan tetap begitu sulit mendapatkan pelanggan yang ‘profitable’. Sering yang terjadi perang harga dan harus jual rugi demi mendapatkan ‘sales’.

Kiat pemasaran apa yang ‘low cost dan high impact’? Di dalam module ‘magnetic marketing’ yang kita ajarkan ada strategi Gerilya Marketing yang terbukti berhasil memasarkan produk/jasa apa pun dan dimana pun. Apa ciri-ciri dari marketing gerilya tersebut itu? Yang pertaman tentu ‘low cost’ dan yang ke dua mempunyai unsur inovasi yang kompetitor anda tidak pernah membayangkannya.

Di Jepang, vending machine ingin mengimplementasikan rahasia ini dengan membayar anda, bahkan anda tidak perlu memasukkan uang ke dalam mesin untuk mendapatkan makanan dan minuman. Asal anda berdiri di depan mesin itu dengan mendengarkan 60 Detik komersil.

Rahasia dalam memasarkan adalah menciptakan ‘ATTENTION’ kepada pangsa pasar anda. Alasan kenapa ini rahasia terbesar dalam melakukan pemasaran adalah pasar mengidap penyakit ‘ATTENTION DEFICIT DISORDER’. Artinya, semakin sulit untuk mendapatkan ‘ATTENTION’ atau perhatian dari pelanggan anda. Mendapatkan perhatian adalah hal yang sangat sulit di jaman sekarang karena diakibatkan oleh 3000 an pesan komersil yang kita dengar setiap hari sehingga anda menjadi ‘immune’ atau kebal terhadap pesan-pesan promosi yang ada. Apakah anda sulit mendapatkan ‘perhatian’ dari pelanggan anda?

Strategi pemasaran yang effektif akan memberikan anda ‘profit’ dan untuk bisa melakukan ini, setidaknya ada 5 kiat dalam memasarkan:

  1. Memilih ceruk pasar yang tepat dan memberikan ‘profit’
  2. Melakukan ‘positioning’ yang kuat sehingga unik di pasar. Contoh: Klien saya yang bergerak di bagian manufacture memposisikan sebagai perusahaan yang menggaransi presisi pekerjaan.
  3. Desain produk- Menerapkan ‘law of attraction’ sehingga konsumen rela antre membeli seperti produk-produk Apple, toyota.
  4. Melakukan iklan yang ‘low cost dan high impact’- headline yang provokatif dan mudah dimengerti.
  5. Distribusi yang mudah dijangkau oleh konsumen anda- contoh kripik dari bandung berjualan melalui mobil yang selalu mobile untuk menjangkau konsumen.

Kiat pemasaran yang menghancurkan kompetitior anda harus unik dan inovatif. Jika anda melakukan strategi seperti kompetitor anda maka pasar tidak bisa membedakan antara anda dan mereka, maka sering hargalah yang menjadi kendala dalam membuat keputusan untuk membeli produk/service anda.

Di dalam Rapid profit seminar kami, anda akan diajarkan bagaimana supaya memasarkan lebih effektif dan ‘magnetic’. Produk yang berkwalitas tinggi tidak akan terjual jika tidak dikomunikasikan dengan baik ke pasar. Hub in kami di (021) 45874088-89 untuk mendaftar di seminar Rapid Profit yang terdekat.