MEMBANGUN BISNIS FRANCHISE SENILAI JUTAAN DOLLAR?

Apakah Anda sering mendengar istilah bisnis Franchise ?

Apakah Anda sudah menerapkan sistem franchise dalam bisnis Anda?

Bisnis franchise saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia dan sudah menjadi sebuah trend bisnis yang banyak diminati oleh masyarakat karena prosedurnya tidak ribet dan prospek cukup menjanjikan serta dapat dijalankan oleh siapa saja. Franchise atau waralaba adalah salah satu bisnis yang dijalankan dengan meminjam merek, nama, sistem, prosedur, dan cara-cara yang telah ditetapkan oleh pihak yang meminjamkan (franchisor). Dalam menjalankan bisnis ini, memilih jenis franchise adalah salah satu hal penting yang harus dipikirkan dengan matang. Dalam mempertimbangkan dalam pemilihan bisnis franchise. Siapapun yang memiliki usaha tentu menginginkan usahanya dapat berkembang dengan cepat dimana-mana, sehingga keuntungan makin melimpah.

Keberhasilan para pelaku bisnis franchise lokal ini tentu saja menarik minat para pelaku bisnis lainnya. Banyak dari kita menerapkan bisnis latah disini. Sampai tahun ini, masih terbuka kemungkinan untuk mengembangkan usaha dengan sistem franchise. Apalagi terdapat pasar potensial berupa para korban PHK akibat krisis finansial global. Para korban PHK ini dapat dipastikan akan banting stir menjadi pengusaha dengan modal pesangonnya. Memfranchisekan bisnis merupakan salah satu alternatif yang sangat menguntungkan ketika ingin mengembangkan usaha. Keuntungan yang dapat dimiliki ini tentu sangat menarik apabila dibandingkan mengembangkan usaha dengan membuka cabang sendiri. Meskipun demikian, ada persiapan yang perlu dilakukan ketika ingin memfranchisekan bisnis.

Setiap system yang dijalankan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut kelebihan dari Franchise :
1. Merk dan prosedur dalam menjalankan bisnis telah terbangun .
Salah satu kelebihan adalah para pengusaha franschise tidak perlu pusing atau ribet lagi untuk membangun merk usaha mereka. Terlebih lagi jika merknya sudah terkenal tidak susah bagi pengusaha yang ingin menggunakan system franchise dalam memasarkan bisnis mereka agar memiliki cabang sana sini.

2. Bantuan support system-
Tidak perlu membangun sistem dari Nol. Franchise yg bagus memiliki system yang tahan uji akan turbulensi ekonomi sehingga mengurangi tingkat kegagalan bisnis,

Untuk kekurangan dari sistem franchise antara lain:
1. Modal yang dibutuhkan lebih besar.
2. Tidak dapat menentukan supplier.
3. Tidak dapat leluasa untuk berkreasi.

Setelah kita membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari bisnis sistem franchise. Simak 5 strategi cerdas agar bisnis franchise berjalan sukses:

1. Lihat gaya kepemimpinan manajemen franchise.
Saat bertemu dan bernegosiasi dengan pemilik franchise, ataupun tim manajemen pemilik franchise, cobalah untuk mengenali gaya kepemimpinannya dan bagaimana mereka menggunakan sistem bisnisnya. Ingat, sebagai pembeli franchise, nantinya Anda perlu mengikuti sistem bisnis yang diterapkan oleh sang pemilik dan tim manajemennya. Jika Anda merasa ada yang ganjil atau tidak sesuai dengan keinginanmu, maka pertimbangkan kembali apakah kamu akan tetap menjalankan usaha franchise tersebut sebelum mengeluarkan uang membelinya.

2. Cek reputasi calon franchise yang ingin dibeli.
Riset lain yang perlu Anda lakukan untuk calon bisnis franchise yang akan Anda beli adalah reputasinya. Berbeda dengan bisnis yang Anda bangun sendiri, bisnis franchise sangat dipengaruhi reputasi yang sudah melekat sebelumnya. Jika banyak keluhan pelanggan atas franchise tersebut, maka sebaiknya kamu pertimbangkan kembali apakah akan membeli franchise tersebut atau tidak.

3. Periksa potensi pasar Sebelum memulai bisnis apapun jenisnya.
kita perlu mengetahui bagaimana potensi pasar dari franchise tersebut. Jangan sampai franchise yang sudah Anda beli menjadi rugi karena segmen pasar Anda ternyata berbeda dengan apa yang seharusnya menjadi target pasar bisnis franchise tersebut.

4. Pastikan Anda sudah membandingkan beberapa franchise sejenis.
Dari pada asal memilih suatu merk franchise hanya karena Anda kebetulan mengingatnya, cobalah luangkan waktu untuk meriset bisnis franchise apa saja yang cukup bagus dan dikenal oleh calon target pasar Anda. Ada banyak hasil data riset mengenai bisnis franchise yang mudah ditemukan di internet.

5. Pastikan Anda menghitung tingkat pengembalian.
Salah satu yang sering menjadi alasan kegagalan dalam bisnis franchise adalah pelaku usaha franchise lebih fokus pada jumlah omset, bukan tingkat pengembalian bisnisnya.

Bisnis franchise adalah jenis bisnis yang memberikan solusi untuk sama – sama menang atau win win solution. Oleh karena itu, tidaklah mudah untuk menjalankan bisnis duplikasi ini karena banyaknya tantangan dalam menjalankan bisnis franchise. Selain tantangan-tantangan di atas, Anda harus bisa memilih franchise yang prospektif agar bisnis Anda dapat berhasil. Jangan lupa, hanya orang-orang yang berani mengambil resiko serta giat dalam bekerja yang akan mampu bertahan dengan bisnisnya sekaligus dapat diwariskan untuk anak cucu di masa depan.