Sistem Bisnis Praktis – Kiat Bisnis Agar Anda Bisa Menikmati Gaya Hidup Yang Anda Inginkan

Sistem bisnis yang praktis dan low-cost sering menjadi perbincangan hangat para pebisnis. Dalam beberapa tahun ini saya sangat fokus dengan mengimprovisasi sistem bisnis di dalam usaha saya. Di salah satu bisnis manufaktur saya baru saya kami melakukan perbaikan dalam sistem sales. Yang dulunya sangat tergantung dengan strategi mulut ke mulut sekarang kami lebih menjemput bola dalam mencari pelanggan baru. Bisnis yang tidak bertahan lama atau dalam keadaan merugi sering kali karena pelanggan lama sudah tidak belanja lagi dan tidak mempunyai sistem sales yang effektif. Apakah bisnis anda mempunyai sistem sales yang terbukti memberikan pelanggan lebih dari yang anda bisa handle setiap bulannya?

Sistem bisnis yang praktis tidak harus menelan banyak biaya. Saya baru saja selesai dari mengudara di radio dan beberapa pertanyaan mengacu terhadap pembenahan sistem sales. Ada pengusaha yang bertanya, hospital ‘bagaimana meng-aktifkan kembali pelanggan lama saya yang sudah tidak berbelanja lagi’? Mungkin anda pun bertanya hal yang sama, shop bagaimana pelanggan yang sudah tidak aktif belanja ke anda bisa belanja lagi? Salah satu kunci dalam membangun ‘profitable’ bisnis adalah ‘repeat customers’ yaitu mempunyai pelanggan yang loyal dan berbelanja terus-menerus dengan anda. Di bisnis Villa saya, kami mempunyai list of repeat guests yang setiap kali mereka ke bali, menyewa villa kami. Apa rahasianya?

Ada 3 tips meningkatkan repeat bisnis dari pelanggan anda:

  1. Jangan tunggu mereka stop berbelanja untuk melakukan ‘excellence customer service’. Orang yang sudah memutuskan untuk tidak berbelanja dengan anda biasanya mereka kecewa terhadap perlayangan anda atau produk/jasa anda. Berikan lebih dari yang mereka harapkan dari awal.
  2. Update pelanggan lama anda dengan produk-produk terbaru anda atau ‘keep in touch’ dengan mereka. Semakin lama anda tidak berkomunikasi dengan mereka semakin kecil peluang mereka berbelanja lagi dengan anda.
  3. Minta umpan balik terhadap jasa/produk anda dan apa yang mereka butuhkan di masa depan. Ini memang kelihatan kontra-produktif dimana mungkin mereka merasa kecewa dengan perlayanan anda terdahulu tetapi tidak menutup kemungkinan jika anda memutuskan untuk berbenah diri suatu saat mereka akan berbisnis dengan anda lagi.

Sistem Bisnis Praktis bisa dimulai dengan melihat proses bagaimana anda melayani pelanggan anda, memasarkan produk/jasa anda dan melakukan analisa terhadap apa yang bisa di improvisasi. Di dalam Rapid Profit Seminar kami mengajarkan tips praktis bagaimana menambal kebocoran-kebocoran dalam sistem bisnis anda. Pembenahan sistem tidak harus mahal dan mulailah dengan hal-hal basic tapi penting.
Bagi pengusaha yang ingin bisnisnya tersistem rapi dan menghasilkan profit yang maksimal, hub in cliencare kami di (021) 45874088-89 untuk menghadiri Rapid Profit seminar kami yang selalu over-book setiap bulannya.