Strategi Promosi – Menggandakan Profit Bisnis Ketika Pasar Lesu

Strategi promosi yang handal diperlukan dalam membangun bisnis di tengah-tengah kompetisi yang ketat ini. Tanpa strategi promosiyang tepat, treatment niscaya usaha Anda akan jatuh. Beberapa pengusaha mengeluhkan betapa sulitnya untuk melakukan menjual produk dan jasanya karena kompetitor menjual barang yang mirip bahkan dengan harja jauh lebih murah. Sehingga, sales seringkali ia harus memberikan diskon lebih dari yang direncanakan, page alhasil memangkas margin profit.

Minggu lalu pengusaha furniture berkonsultasi dengan saya dan mengeluhkan sulit sekali ia mendapatkan konsumen ideal yaitu tentu konsumen yang membeli dalam jumlah besar dan melakukan pembayaran tepat waktu. Beberapa kredit macet pun terjadi dikarenakan tim salesnya tidak melakukan analisa kredit yang matang terhadap beberapa pelanggan.

Banyak pengusaha yang tidak melakukan strategi promosi yang tepat sehingga mereka cenderung mengalami kesulitan dalam mendapatkan pelanggan. Ada pengusaha kuliner yang frustrasi akibat sepinya pengunjung yang datang ke gerainya walaupun sudah melakukan promosi dan telah mengeluarkan banyak biaya. Dengan biaya sewa dan operasional yang cenderung meningkat, beliau sempat putus asa dan ingin memutuskan untuk menutup bisnisnya. Tetapi timbul kendala lain, jika ingin menutup bisnisnya, begitu banyak peralatan dapur dan yang lainnya yang harus dijual. Belum lagi masalah sewa-menyewa ruko yang harus di over-kontrakkan. Tetapi, dalam sesi konsultasi kemaren, ada titik terang untuk memutar-balikkan bisnisnya.

Setelah melakukan analisa sales and melihat bisnis mereka secara details banyak hal yang mereka lakukan tanpa tujuan yang jelas. Contoh, strategi promosi yang diluncurkan tidak effektif karena beriklan di media yang salah dan kurang menarik. Beberapa hal lainnya ternyata, mereka tidak melakukan analisa pelanggan dengan cermat, sehingga tim sales mereka tidak berpikir margin ketika deal dengan pelanggan. Ini yang menyebabkan banyak bisnis mengalami problem ‘cashflow’ dan kredit macet yang berkepanjangan.

Setelah selesai berkonsultasi ada setidaknya 3 hal yang mereka simpulkan untuk menggandakan profit bisnis ketika pasar lesu:
1/Perlu melakukan revisi terhadap segmen pasar dan fokus dengan ‘profitable customers’.
2/Berpikir dari sudut konsumen dan mengerti ‘needs’ dan ‘wants’ mereka.
3/Meningkatkan sistem sales mereka dan mempertajam nilai tambah bisnis sehingga tidak terfokus dengan promosi diskon.

Strategi promosi sangat menentukan kelangsungan bisnis anda, di pasar yang sangat jenuh, anda perlu mempertajam strategi untuk tetap kompetitif di pasar.

Untuk meningkatkan sales tanpa tergantung dengan tim sales anda bisa klik http://benabadi.com/seminar